Perancangan Web & Internet

  • Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

    Berdasarkan fungsi & kegunaan web dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis web design sebagai berikut :
    1. Web Perorangan, yaitu situs yang digunakan untuk menceritakan tentang biografi diri, pengalaman pribadi, dsb (contoh : Blog Pribadi)
    2. Web Komersial (Company Profile / Online Shop Website, biasa menggunakan .com, .co.id, dsb), yaitu situs yang dipakai untuk menunjukkan produk dan jasa suatu perusahaan, atau juga dapat melakukan transaksi penjualan online (dengan sistem shopping cart system)
    3. Web Pemerintahan (di Indonesia menggunakan .gov.id), situs jenis ini hanya boleh dipakai untuk keperluan website pemerintahan yang resmi.
    4. Web Non-Profit (biasanya menggunakan .org, .edu, dll), website jenis-jenis ini biasanya digunakan hanya untuk yayasan, sekolahan, dsb