1

Tips Cara Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa

  • Tips Cara Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa - Kali ini saya akan shae info seputar Tips Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa. Selama puasa kita tidak minum dan makan, sehingga cairan dalam tubuh berkrang dan kalo berlebihan akan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi merupakan hilangnya sejumlah besar air dalam tubuh yang dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu pentingnya Mencegah agar tidak dehidrasi ketka puasa, langsung aja disimak tipsnya di bawah ini:




    Konsumsi Buah dan Sayuran
    Makanan yang Anda konsumsi juga berperan dalam mencegah dehidrasi di siang hari. Ahli gizi menyarankan banyaklah makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air.

    Selain mencegah dehidrasi, makanan tersebut juga membantu pencernaan. Buah-buahan dapat membantu memerangi sembelit pada hari-hari pertama berpuasa akibat kurangnya konsumsi air, jadwal makan yang berubah, dan menurunnya aktivitas fisik.

    Para ahli gizi itu juga menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak garam sebisa mungkin.

    Minum Air Putih yang Cukup
    Ketika sudah diperbolehkan makan, antara terbenamnya matahari hingga terbitnya mentari, minumlah air putih yang cukup, sekitar 1,5 sampai 2 liter. Agar tak kembung, ahli menyarankan, minumlah dengan perlahan.

    "Jika Anda tak suka minum air putih, berilah sedikit perasan lemon, atau air mawar, atau air buah," kata Farah Naja, ahli gizi dari Universitas Amerika Beirut.

    Hindari Teh dan Kopi
    Minum kopi saat sahur mungkin menjadi ide yang menarik agar tetap terjaga, namun ahli diet menyarankan ini sebaiknya tak dilakukan. Kopi, seperti halnya teh, dapat mendorong produksi air seni yang menyebabkan tubuh kehilangan air.

    Selain itu, pada jam-jam pertama, kopi memang memacu energi, tapi setelah efeknya mereda, minuman tersebut justru membuat lemas. "Kafein dapat memberikan aliran energi, namun setelahnya Anda akan menjadi sangat lelah," ujar Naja.

    Bagi Anda yang terbiasa minum kopi, berhenti minum kopi tiba-tiba tentu memberi efek yang tidak nyaman. "Berhenti tiba-tiba dapat membuat mereka mengalami sakit kepala parah. Untuk mereka, saya sarankan mulailah menggeser waktu minum kopi. Minumlah saat matahari terbenam," katanya. Selain kopi dan teh, minuman lain yang perlu dihindari adalah minuman bersoda dan minuman manis, seperti soda dan jus.

    Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan
    Di samping memperhatikan apa yang dikonsumsi, orang yang berpuasa juga disarankan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Namun bagaimana jika Anda bekerja di luar ruangan?

    "Anda harus mengenakan pakaian yang cerah dan menutupi kepala Anda," kata Lana Fayed, ahli gizi dari Low Cal Diet Clinic di Beirut. Dia menjelaskan, menaruh handuk basah di kepala dapat membantu Anda tetap sejuk.

    Itulah info seputar Tips Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa, semoga bermanfaat dan jangan lupa klik like ya, thanks sumber

    out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

    1 Responses to “Tips Cara Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa”

    Nurlaila mengatakan...
    24 September 2012 pukul 16.41

    Saya suka sekali minum teh terutama teh hijau, apa teh hijau juga berpengaruh ya ?
    trims atas infonya


    *Important -Jika Anda ingin diberitahu setiap menjawab komentar Anda, periksa "Subscribe By Email" sebelum mengirimkan. Please Do Not Spam

    Posting Komentar

    Tinggalkan Jejak Mu Sob...!!!
    Berkomentarlah dengan baik dan sopan... ^_^
    Komentar yang mengandung SARA, PORNO, KASAR, akan di hapus!
    Komentar langsung dipublish tanpa moderasi :)