Cara Memperbaiki Komputer yang Mati Total

  • Cara Memperbaiki Komputer yang Mati Total - Kali ini saya akan share info seputar tips memperbaiki komputer mati/tidak mau hidup. Tips ini cukup sederhana dan cukup mudah di praktekan. Terkadang kita bingung mengapa PC/komputer kita tidak mau menyala. Nah berikut adalah sedikit tips cara memgatasi komputer yang tidak mau hidup, silakan disimak:


    1. Pastikan anda telah mencoba menyalakan semua power yang ada, stop kontak, tombol power depan atau belakang jika ada (jarang), UPS, atau semua perangkat yang menghubungkan antara PC ke sumber PLN.

    2. Yakinkan bahwa tegangan yang diset di power supply pada 220 Volt, karena karena beberapa model power supply terdapat saklar pemindah dari 100 Volt ke 220 Volt.

    3. Ganti Kabel power, bila memungkinkan, ganti dengan kabel power dari komputer lain / perangkat lain seperti printer yang memiliki soket power yang sama untuk meyakinkan kabel power berfungsi dengan baik.

    4. Uji coba sumber listrik dengan menggunakan perangkat lain untuk meyakinkan power listrik PLN tidak trip / off. Uji coba perangkat dengan memasukkan stop kontak dan perhatikan pada bagian belakang PC / power supply unit. Bila terdapat lampu indikator hijau atau blower kipas berputar maka artinya listrik PLN sudah masuk ke PSU komputer. Pada kasus khusus jika tercium bau ozon / hangus langsung cabut dan ganti PSU unit. kemungkinan terjadi short pada blok power supply.

    5. Jika indikator power PSU dibelakang serta blower berputar dengan normal, lanjutkan dengan menekan tombol power di depan PC dan bila sama sekali tidak respon maka kemungkinan Motherboard mengalami kerusakan dan harus diganti, namun sebelum mencabut mother board dari casing bisa dicoba terlebih dahulu dengan mengganti battery CMOS yang fungsinya untuk supply IC BIOS (startup). Sumber

    Demikianlah info seputar Cara Memperbaiki Komputer yang Mati, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share ya gan :D