0

Cara Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Wanita

  • Cara Menghitung dan Mengetahui Masa Subur WanitaCara Menghitung Masa Subur Cewek - Kali ini saya akan share info seputar kesehatan. Mengetahui dan menghitung masa subur perempuan merupakan salah satu cara agar cepat hamil ataupun cara untuk menghindari kehamilan. Menghitung masa subur ini sangat penting, jadi anda khususnya buat para wanita untuk mengetahui kapan masa subur anda. Oke langsung aja, berikut adalah cara mengetahui dan menghitung masa subur wanita, silakan disimak!


    Melalui Siklus Haid

    Jika Anda termasuk orang yang memiliki siklus haid yang setiap bulannya lancar dan normal maka siklus haid dapat digunakan untuk mengetahui masa subur Anda.
    Ada ahli yang berpendapat sikulus haid normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke – 14 ( 28 : 2 ), masa suburnya 3 haari sebelum hari ke -14, yaitu ( 14 – 3 ) dan 3 hari setelah hari ke -14 yaitu hari ke -17 ( 14 + 3 ) adi masa subur terjadi pada hari ke -11 dan hari ke -17
    Ada pula cara / rumus lainnya dalam menghitung masa subur dengan sistem kalender, seperti berikut ini :
    Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13
    Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3
    Untuk lebih akurat Anda setidaknya melakukan pengamatan dengan minimal 6 kali siklus haid, karena siklus dari masa subur wanita berbeda satu dengan yang lainnya.
    - Jika siklus haid teratur ( 28 hari ) :
    Maka hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
    Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid
    Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
    Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
    → Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
    - Jika siklus haid tidak teratur :
    Rumus :
    → Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

    Perubahan sekresi lendir leher rahim ( Serviks )

    Anda juga dapat mengathui masa subur melalui pemeriksaan getah lendir (mukus) mulut rahim (serviks). Caranya adalah lendir dari mulut rahim diperiksa setiap hari. Apabila hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi pada umumnya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan jari telunjuk atau ibu jari, lalu rekatkan lendir tersebut seperti membentuk benang dengan jarak 2 – 3 cm. Jika lendir tersebut terputus tandanya tidak subur, dan apabila lendir tersebut tidak terputus maka ada dalam masa subur, tingkat keberhasilan dengan cara ini hanya sekitar 60% – 70%.
    Biasanya lendir rahim berwarna bening, mungkin elastis, mudah pecah, lembut, licin seperti putih telur yang mentah. Elastisitas ini dikenal sebagai efek Spin yng menunjukkan lendir subur. Untuk lebih yakin lendir yang keluar dari mulut rahim dapat diperiksa oleh ahli pada objek gelas dibawah mikroskop, apabila lendir yang terjadi pada masa subur akan terlihat seperti daun pakis.

    Mengukur suhu tubuh

    Pada umumnya suhu tubuh manusia normal basanya 35,5 – 36 derajat celsius. Kenaikan suhu tubuh terjadi apabila sudah terbentuknya progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah di buahi. Caranya adalah lakukan pengukuran suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun.

    Masukkan termometer ke dalam dubur atau mulut vagina selama 5 – 6 menit. Tutup kembali mulut vagina selama pengukuran berlangsung, lakuakn hal ini setip hari pada jam yang selama 3 bulan. Jangan lupa untuk mencatat setiap hasil pengukuran sampai membentuk kurva. Namun ada syaratnya yaitu selama menentukan masa subur dengan mengukur suhu selama 3 bulan : suhu tubuh tidak boleh dalam kondisi demam, jangan tidur dibawah lampu yang panas, dan jangan tidur dengan menggunakan AC dalam suhu yang sangat tinggi.

    Demikianlah info seputar Cara Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Cewek, semoga bermanfaat dan jangan lupa klik like ya, thanks


    9 out of 10 based on 99999 ratings. 99999 user reviews.

    0 Responses to “Cara Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Wanita”


    *Important -Jika Anda ingin diberitahu setiap menjawab komentar Anda, periksa "Subscribe By Email" sebelum mengirimkan. Please Do Not Spam

    Posting Komentar

    Tinggalkan Jejak Mu Sob...!!!
    Berkomentarlah dengan baik dan sopan... ^_^
    Komentar yang mengandung SARA, PORNO, KASAR, akan di hapus!
    Komentar langsung dipublish tanpa moderasi :)